Pages

Kamis, 20 Oktober 2016

Teori Atom


 Perkembangan teori atom mengalami kemajuan dari zaman ke zaman. Mulai dari teori atom klisik yang muncul pertama kali pada zaman yunani, sampai pada teori atom yang di cetuskan oleh para ilmuwan modern. berikut merupakan beberapa teori tentang ato yang di cetuskan oleh ilmuan modern.
  1. Teori Atom Dalton

Model atom Dalton dianggap sebagai model atom pertama yang cukup ilmiah, meskipun sebenarnya masih bersifat spekulasi. Dalton menyempurnakan pendapat mengenai model atom yang dikemukakan oleh Leucippos dan Democritos. Secara filosofis mereka menyatakan bahwa atom merupakan materi yang tak terbagi. Menurut Dalton, atom merupakan partikel terkecil suatu materi yang berbentuk bola. Bola-bola atom tersebut khas untuk setiap unsurnya.


teori atom
Model atom Dalton – bola pejal

  1. Teori Atom Thomson

Thomson menemukan partikel subatom bermuatan negatif yang disebut elektron. Penemuan ini menggugurkan model atom Dalton tentang partikel terkecil karena di dalam atom, ternyata masih ada pertikel-partikel. Model atom Thomson merinci gambaran atom Dalton dengan model ‘roti kismis’-nya.


teori atom Thomson
Model atom Thomson

Menurut Thomson, atm merupakan bola pejal yang bermuatan positif dan elektron menyebar di seluruh bagian atom. Model atom Thomson dapat diibaratkan kismis (sebagai analogi elektron) yang terdapat dalam roti (sebagai analogi atom). Model atom Thomson juga dapat digambarkan sebagai buah semangka (analogi atom) dan bijinya (analogi elektron).
  1. Teori Atom Rutherford

Ernest Rutherford merupakan salah seorang murid Thomson. Ia menemukan inti atom yang memiliki jari-jari jauh lebih kecil dibandingkan dengan jari-jari atomnya (percobaannya yaitu penembakan sinar alfa terhadap lempeng tipis emas). Penemuan inti ini menggugurkan model atom Thomson. Inti atom yang bermuatan positif berada jauh di dalam atom, sedangkan elektron berputar mengelilinginya. Berdasarkan hasil eksperimennya diperoleh,
Diameter inti atom = 10-13cm, dan
Diameter atom = 10-8cm.


Teori atom Rutherford
Model atom Rutherford

Andaikan diameter inti atom diperbesar menjadi 1 cm atau kira-kira sebesar diameter kuku tangan (diperbesar 1013 kali), diameter atom (letak elektron) akan berjarak 105 cm atau 1km.
Permasalahan lintasan elektron yang digambarkan oleh Rutherford adalah bagaimana pengaruh gaya tarik elektrostatik elektron yang bermuatan negatif dan inti atom yang bermuatan positif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About